Sejarah Desa

ASAL –USUL NAGARI JAWI-JAWI GUGUK


 Menurut  Pepatah adat –istiadat   dalam sejarah Minang Kabau  mengatakan  :

                         

               Biriek-Biriek  Turun Kasasak

               

               Dari sasak  Turun Kalaman

 

               Dari Niniek turun kamamak

 

              Dari  Mamak ka kamanakan

 

 

Waris nan  datarimo , Pusako nan dijawek ,bahwa asal - usulnya Nagari Jawi-Jawi Guguk adalah dari  Kat a JAWI  YANG DIULANG  , Menurut keterangan yang diperoleh, kira-kira  pada tahun 1813 ada seekor JAWI  JANTAN   ( Untuk Bapak Jawi )  tempat Jawi tersebut bernama kurungan di tabu dalam daerah KOTA MADYA SOLOK SEKARANG.

Pada  Suatu hari sengaja Jawi tersebut dilepas oleh Pemerintah  Belanda  dengan tujuan yang  didusun-dusun  dapat berkembang biak  dan agak besar  dari Biasa , maka sampailah  Jawi  ini ke Nagari  Jawi-Jawi Melalui  Nagari Selayo, Gantung Ciri  dengan menyusuri Pinggir Sungai Batang Sumani , Jawi yang Jantan Ini  karena besarnya Agak Luar Biasa  dari Jawi yanfg dipunyai  Masyarakat pada Waktu Itu  Dinamai JAWI OROK .

Tempat Jawi Orok Ini di Jawi-Jawi Dinamai Kandang Karena ditempat Jawi  tersebut direndam. Letaknya di kepala Nagari  Jawi-Jawi Tersebut  karena haus pergi meminum air ( MANASOK ) disebuah sungai tampaklah  oleh beberapa orang dari bawah batang letaknya dalam nagari KOTO GAEK .

Orang yang  menampak  itu menunjuk ke arah Jawi Manasok tersebut dengan Kata JAWI-JAWI dan sebelum itu bernama KURAI ( semasih menjadi Koto ) .

  

 JUMLAH SUKU

            Sebelum menjadi  Nagari atau masih menjadi Koto Suku yang ada Cuma 2 ( dua ) suku yaitu :  SUKU MELAYU  dan SUKU CANIAGO    Kemudian untuk memenuhi  syarat menjadi Nagari Yaitu NAGARI NAN 4 Suku  ,suku nan  babuah PARUIK  sekaligus untuk memudahkan perkawinan .

 Maka dipecah menjadi Suku  Melayu dan Caniago  menjADI 3 ( Tiga ) Suku Yaitu  : Caniago,Supanjang dan Sinapa  dari Pemrinatahan Suku  Caniago ini terjadilah 4 ( Empat ) Suku di Nagari Jawi-Jawi  yang dipimpin  oleh Mamak  nan AMPEK JINIH  di masing-masinfg suku ,yang dibantu oleh suku nan BABUAH PARUIK

 

DAFTAR GELAR NINIK MAMAK NAN AMPEK JINIH SEBAGAI PIMPINAN SUKU DI NAGARI JAWI-JAWI GUGUK

 

A

Suku Melayu

:

Gelar Penghulunya

:

DT Rajo Nan Putieh

 

 

 

Gelar Mantinya

:

Dt Marajo

 

 

 

Gelar Malinya

:

Malin Suleman

 

 

 

Gelar Dubalang

:

Dt Rajo Diulu

B

Suku Caniago

:

Gelar Penghulunya

:

DT Sati

 

 

 

Gelar Mantinya

:

Dt Rj Gamuyang

 

 

 

Gelar Malinya

:

Malin Batuah

 

 

 

Gelar Dubalang

:

Pasak Nagari

C

Suku Supanjang

:

Gelar Penghulunya

:

Dt Rajo Alam

 

 

 

Gelar Mantinya

:

Dt RJ Managaan

 

 

 

Gelar Malinya

:

Malin Mangkuto

 

 

 

Gelar Dubalang

:

Nago Basa

D

Suku Sinapa

:

Gelar Penghulunya

:

Dt Sampono Kayo

 

 

 

Gelar Mantinya

:

Dt RJ Nan Gadang

 

 

 

Gelar Malinya

:

Malin Marajo

 

 

 

Gelar Dubalang

:

Dt Matuh

                                                                     

Suku Tanjuang  Karena sedikit orangnya  maka malakok ( Menempel ) kepada Suku Melayu tetap dikepalai oleh  Dt.Mangguang dan ampek Jinihnya belum ada , karena belum disetujui oleh Ampek Jinih suku yang lain sebab  pepatah adat  Dagiang alun balapih, kuah alun dikacau, darah alun dicacah dan  dijamu urang  Nagari ”